Perbedaan UN dan Asesmen Nasional

Perbedaan UN dan Asesmen Nasional adalah pembahasan kita pada kali ini. Pada tahun 2020, UN akan dilaksanakan untuk terakhir kalinya. Maka pada tahun 2021, diubah menjadi Asesmen Nasional dan Survei Karakter.


Mengapa UN di hapuskan?

  1. Materi UN terlalu padat sehingga siswa dan guru cenderung menguji penguasaan konten bukan kompetensi penalaran
  2. UN menjadi beban bagi siswa, guru, dan orangtua karena menjadi indikator keberhasilan siswa sebagai individu. UN seharusnya berfungsi untuk pemetaan mutu sistem pendidikan nasional, bukan penilaian siswa
  3. UN hanya menilai aspek kognitif dari hasil belajar, belum menyentuh karakter siswa secara menyeluruh

Perbedaan UN dan Asesmen Nasional bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


perbedaan un dan asesmen nasional
perbedaan un dan asesmen nasional

Tujuan Asesmen Nasional adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen nasional dilakukan untuk mengevaluasi kinerja satuan pendidikan dan sekaligus menghasilkan informasi untuk perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang kemudian diharapkan berdampak pada karakter dan kompetensi siswa.


Apa yang di ukur pada Asesmen Nasional?


1.AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Literasi Membaca yaitu kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasistas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Numerasi yaitu kemampuan berfikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.


2.SURVEI KARAKTER

Karakter: Profil Pelajar Pancasila, meliputi beriman, bertakwa, berakhlak mulia, bernalar kritis, mandiri, kreatif, bergotong-royong, dan berkebhinekaan global.


3.SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR

Iklim Belajar dan Iklim Satuan Pendidikan, meliputi iklim keamanan sekolah, iklim kebhinekaan sekolah, indeks sosial ekonomi, kualitas pembelajaran dan pengembangan guru.

Post a Comment for "Perbedaan UN dan Asesmen Nasional"