7 Alat Teknologi Pendukung Untuk GURU di Sekolah

 

7 alat teknologi pendukung untuk guru di sekolah
7 alat teknologi pendukung untuk guru di sekolah



7 Alat Teknologi Pendukung Untuk Guru di Sekolah

                   Kemajuan Teknologi saat ini sangat pesat sekali, tak bisa dipungkiri setiap hari, bulan, dan tahun terus bermunculan alat teknologi terbaru, yang mana di peruntukkan untuk manusia moderen saat ini dalam hal memudahkan kegiatan sehari-hari, mulai dari lingkungan rumah, industri, perusahaan, kantoran, maupun sekolah. Jika kita telusuri dalam lingkungan sekolah, alat teknologi pun sangat cocok untuk membantu guru saat berada di sekolah. Pasti sahabat Gurutiknesia penasaran kan! Apa saja nama 7 peralatan teknologi pendukung untuk guru? Mari kita simak!

         1. Laptop

              Siapa sih yang belum kenal laptop, alat yang satu ini sangat membantu sekali bagi guru dalam membuat tugas-tugas yang berkenaan di sekolah. Laptop bisa digunakan guru untuk membuat soal, membuat perangkat pembelajaran, membuat rapot, merancang proyek/portofolio, dan berbagi informasi. Harga laptop sangat bervariasi kisaran harga 2jt sampai 5 jt. Kita bisa beli sesuai kebutuhan dan budget kita. Banyak sekali Brand yang beredar saat ini contohnya Asus, Acer, Lenovo, Dell, dan HP. Bagi saya laptop itu yang penting,. tidak lambat saat membuka aplikasi, penyimpanan data besar, daya tahan batre lama serta awet. Satu hal yang pasti apapun laptopnya tujuan nya adalah untuk membantu menunjang aktivitas guru di sekolah.

laptop merupakan peralatan teknologi pendukung guru
laptop merupakan peralatan teknologi pendukung guru

       
        2. LCD Proyektor

             LCD Proyektor adalah alat yang digunakan untuk menampilkan layar yang ada di laptop kemudian di proyeksikan ke dinding layar. Biasanya jika guru ingin menampilkan presentasi powerpoint maka alat ini yang digunakan karena semua siswa di kelas bisa melihat layar presentasi dengan jelas dan ukuran yang ditampilkan cukup besar. LCD Proyektor biasanya sering di sandingkan dengan laptop via kabel HDMI atau VGA. Alat ini sangat membantu sekali jika guru ingin menjelaskan materi berupa file slide powerpoint kepada seluruh siswa di kelas sebab output layar lebih besar sehingga pesan materi yang disampaikan lebih menguatkan. Merek yang paling sering digunakan biasanya epson. Variasi harga mulai dari 3jt sampai 7jt.
lcd proyektor merupakan peralatan teknologi pendukung guru
lcd proyektor merupakan peralatan teknologi pendukung guru


         3. Laser Pointer
  
           Banyak istilah dari alat ini, ada yang menyebutnya laser pointer, presenter point, dan wireless pointer. Disini kita pakai istilah laser pointer. Apa sih kegunaan alat ini? laser pointer bisa digunakan untuk memindah kan slide dari jarak jauh dan kita tak perlu repot bolak-balik menekan tombol next di laptop. Cukup dengan laser pointer dari jarak jauh kisaran 3m s/d 5m kita bisa mengendalikan slide powerpoint. Ini juga sangat membantu guru saat menyajikan materi dengan slide power point. Bisa memindahkan slide Next dan Back bahkan bisa mengatur volume besar  dan kecil. Laser pointer juga menampilkan sinar merah. Artinya Laser Pointer ini sangat cocok digunakan guru ketika presentasi dalam ruang kelas atau aula sekolah.

laser pointer merupakan peralatan teknologi pendukung guru
laser pointer merupakan peralatan teknologi pendukung guru

        4. Smartphone

           Smartphone atau telpon pintar sudah sangat lekat sekali dalam kehidupan kita. Hampir seluruh manusia memiliki smartphone, mulai dari anak kecil maupun dewasa. Bahkan guru pun menurut saya untuk saat ini sangat perlu menggunakan smartphone karena bisa menjalin komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Sebagai guru kita bisa memberikan pengumuman kepada siswa lewat grup whatsapp, dokumentasi foto, memberikan tugas, dan bisa browsing informasi internet. 3 tahun dahulu kita saat musim Covid-19, sistem belajar jarak jauh sangat terbantu dengan menggunakan smartphone. Harga Smartphone berada di kisaran 1jt s/d 3 jt. Merek yang sering ditemu adalah Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme, dan masih banyak lagi

smartphone merupakan peralatan teknologi pendukung guru
smartphone merupakan peralatan teknologi pendukung guru

        5. Headset

           Headset adalah alat pengeras suara kecil yang diletakkan di telinga kiri kanan kita. Headset ada yang hanya untuk mendengarkan audio dan ada juga bisa telekonferensi jika sudah dilengkapi micropon artinya kita berbicara dengan orang lain. Disini kita sebut Headset saja ya. Alat ini bisa digunakan untuk guru ketika webinar pelatihan via zoom ataupun google meet. Apalagi jika kita sebagai guru sedang mengikuti ppg daring, pelatihan daring, maka Headset sangat bermanfaat bagi guru.

headset merupakan peralatan teknologi pendukung guru
headset merupakan peralatan teknologi pendukung guru


         6. Speaker
                Speaker salah satu teknologi pendukung bagi guru ketika mengajar di kelas apalagi guru menggunakan media pembelajaran multimedia. Karena speaker fungsinya adalah pengeras suara. Dengan speaker maka materi pelajaran yang di sajikan via multimedia akan lebih berwarna, informasi yang didapatkan lebih jelas. Coba bayangkan jika kita memutar video pembelajaran dengan bantuan LCD Proyektor namun kita tak menggunakan Speaker maka seperti hampa. Speaker yang dipasarkan bervariasi ada yang kecil, besar, ada juga yang portable.
speaker merupakan peralatan teknologi pendukung guru
speaker merupakan peralatan teknologi pendukung guru


             7.  Printer 
                  Printer adalah sejenis perangkat output yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Printer sangat membantu guru dalam menunjang tugasnya. Guru bisa menggunakan alat ini untuk mencetak raport, soal, gambar, media pembelajaran via kertas, mencetak rpp,silabus,prota dan prosem ataupun yang lainnya. Sudah barang tentu ini sangat membantu sekali untuk kegiatan guru di sekolah. Printer yang sering umum digunakan mereknya adalah Canon dan Epson. Untuk harga bervariasi ada yang dibawah 1 juta bahkan ada dikisaran 3 jt. Jadi jika kita ingin beli cukup beli spesifikasi yang kita butuhkan saja. 


printer merupakan peralatan teknologi pendukung guru
printer merupakan peralatan teknologi pendukung guru


                   Nah itu dulu yang sahabat gurutiknesia 7 Alat teknologi pendukung untuk guru di sekolah mulai dari Laptop, LCD Proyektor, Laser Pointer, Smartphone, Headset, Speaker, dan Printer. Sekarang guru sudah pasti akrab betul dengan alat yang sudah disebutkan. Dengan alat teknologi ini menurut kami guru dalam menjalankan tugas di sekolah lebih terbantu. Hmmm kira-kira apa lagi ya alat teknologi pendukung untuk guru? yuk sahabat semua jika ada yang ketinggalan, dikomentarinya :) See You

Post a Comment for "7 Alat Teknologi Pendukung Untuk GURU di Sekolah"