Metamorfosis Mapel TIK ke Mapel INFORMATIKA



Sudah pada tahu kan mapel TIK di Kurikulum K13 telah dihapuskan tapi di Kurikulum KTSP mapel TIK masih berjalan.Nah sobat Gurutiknesia kabar baiknya mapel TIK segera hadir kembali pada kurikulum K13 di jenjang SMP dan SMA dengan nama mapel yang baru yaitu mata pelajaran INFORMATIKA. 

Baca Juga: pengalaman pertama saat mengajar tik

Bagaimana sih mata pelajaran INFORMATIKA itu?Menurut Permendikbud No 35 tahun 2018 dan Permendikbud No 36 tahun 2018,mapel ini akan berbeda dari mapel TIK dimana akan belajar tentang Teknik Komputer,Analisis Data,Algoritma dan Pemrograman,Dampak Sosial Informatika,Berfikir Komputasional,Praktik Lintas Bidang,Jaringan Komputer dan Internet.

Sudah barang tentu guru pengampu pelajaran INFORMATIKA ini nantinya harus mengupgrade keilmuanya dan terus belajar.Karena saat ini juga kita sudah tahu perkembangan IPTEK sangat cepat sekali artinya gurunya harus selalu mengupdate pengetahuanya baik secara teori dan praktik khususnya mapel INFORMATIKA ini.

Mapel Informatika ini juga nantinya menjawab tantangan era Revolusi Industri 4.0 dimana perkembangan dunia industri digital sudah sangat cepat sekali perkembangannya mulai dari Online Shop,Ojek Online,Aplikasi Pintar Reservasi Tiket Online,dan masih banyak lagi.Mapel INFORMATIKA juga bertujuan membangun siswa cakap dalam berpikir kritis dan pemecahan masalah,cakap dalam  berkreatifitas,cakap dalam berkomunikasi,cakap dalam berkolaborasi,serta cakap dalam literasi.

Nah sobat Gurutiknesia,kita lihat saja MAPEL ini di tahun ajaran baru,mari kita rekan guru sama-sama belajar terus demi mencerdaskan kehidupan bangsa.Itulah artikel tentang Metamofosis Mata Pelajaran TIK ke Mata Pelajaran INFORMATIKA,mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa memberi komentar di bawah ini ya,terimakasih sudah membaca

2 comments for "Metamorfosis Mapel TIK ke Mapel INFORMATIKA"

  1. Untuk pembagian jamnya itu gmana ya kak, apa benar satu kelas sama dengan satu jam pelajaran ?, klo benar sperti itu berarti jika dalam satu sekolah ada guru tik yang sudah PNS maka untuk rekan guru tik yang masih tenaga kontrak atau gtt tidak kebagian jam mengajar ya..??
    Terima Kasih..
    (^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Arif Nurnanto terimakasih sudah berkunjung ke blog saya,klo untuk pembagian jam pelajaran saya belum tahu kak infonya,yg jelas kita sebagai guru tetap bersiap dan semangat dalam mengajar walaupun kita hanya guru honorer,semangat ya kak :)

      Delete

Tinggalkan Komentar Disini...