AYO kita kenalan dengan Asesmen Nasional

 

ayo kita kenalan dengan asesmen nasional
ayo kita kenalan dengan asesmen nasional


Berkenalan dengan Asesmen Nasional

Ayo sobat semuanya, kita kenalan dulu dengan yang namanya Asesmen Nasional. Dahulu kala sudah pernah kita bahas topik mengenai Perbedaan UN dan Asesmen Nasional. Apa itu Asesmen Nasional? Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Tujuan dari Asesmen Nasional adalah untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran

Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu :
  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi)
  2. Survey Karakter 
  3. Survey Lingkungan Belajar
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Soal Latihan AKM

Adapun bentuk soal dari Asesmen Nasional adalah pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Berikut ini merupakan Soal Latihan  AKM semua jenjang bisa dilihat contohnya di sini:
  • Contoh Soal Latihan AKM Untuk Anak SD/MI
  • Contoh Soal Latihan AKM untuk anak SMP/MTS
  • Contoh Soal Latihan AKM untuk anak SMA/MA/SMK

Demikian informasi bermanfaat yang bisa kami bagikan pada hari ini. Semoga dengan Asesmen Nasional meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.


Post a Comment for "AYO kita kenalan dengan Asesmen Nasional"