Contoh Soal Latihan AKM untuk anak SMP/MTS

 

contoh soal latihan akm untuk anak smp/mts
contoh soal latihan akm untuk anak smp/mts



Contoh Soal Latihan AKM untuk anak SMP/MTS


Pada postingan yang lalu kita sudah mengenal istilah Asesmen Nasional. Sekarang kita mencoba soal latihan AKM untuk anak SMP/MTS. Kemarin sudah dibahas bahwasannya instrumen dari Asesmen Nasional terdiri dari 3 yaitu AKM, Survey Karakter, dan Survey Lingkungan Belajar.

AKM Asesmen Kompetensi Minimum yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Literasi Membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Sedangkan Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

Berdasarkan konten Literasi Membaca menyajikan teks informasi dan teks fiksi, sedangan Numerasi menyajikan bilangan, geometri dan pengukuran, data dan ketidakpastian, serta aljabar. Nah langsung saja kita akan mencoba soal latihan AKM untuk Anak SMP/MTS yang bersumber dari Pusmenjar Kemdikbud.

Literasi Teks Fiksi dan Teks Informasi memuat tentang mengakses dan mencari informasi dalam teks, mencari dan memilih informasi yang relevan, memahami teks secara literal, menyusun inferensi, membuat koneksi, dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak, menilai format penyajian dalam teks, dan merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi. Numerasi memuat tentang bangun geometri, persamaan dan pertaksamaan, relasi dan fungsi (termasuk pola bilangan), data dan repesentasinya, serta ketidakpastian dan peluang.

Soal AKM Literasi Teks Fiksi SMP/MTS

Demikianlah Contoh Soal Latihan AKM untuk anak SMP/MTS. Dengan AKM Literasi dan Numerasi, semoga bisa menyiapkan para murid penerus bangsa yang mampu menghadapi abad 21.

Post a Comment for "Contoh Soal Latihan AKM untuk anak SMP/MTS"